Sunday, November 8, 2015

Indahnya Sunset Pantai Kuta Lombok

Lokasi : Pantai Kuta Lombok
Jika Anda mendengar nama Pantai Kuta, pasti pikiran Anda langsung tertuju pada Pantai Kuta yang berada di Pulau Bali. Tetapi kali ini berbeda, ternyata di pantai selatan Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai yang juga bernama Pantai Kuta yang jauh lebih cantik dan alami. Pantai Kuta Lombok terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebuah pantai yang menjadi obyek wisata andalan di Lombok ini terkenal dengan suasananya yang tenang, dan Sunsetnya yang sangat luar biasa indah.

Bicara mengenai Pantai Kuta orang mungkin akan mengingatnya dengan Pulau Bali. Namun ternyata Pantai Kuta juga bisa ditemui di Pulau Lombok. Pantai yang berjarak 56 km dari Kota Mataram ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi pantai ini juga tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok Praya, hanya sekitar satu jam perjalanan untuk menjangkaunya. Hampir sama dengan Pantai Kuta yang ada di Bali dengan pasir putihnya, namun pasir Pantai Kuta Lombok jauh lebih kasar dan menyerupai merica hingga disebut juga dengan nama Pantai Merica. Keindahan yang ditawarkan Pantai Kuta Lombok juga tak kalah dengan Pantai Kuta Bali, dan yang pasti pantai ini masih jauh lebih bersih. Tak heran jika Pantai Kuta Lombok cukup menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Pulau Seribu Masjid ini.

Hamparan pasir putih Pantai Kuta Lombok
butiran-pasir-kuta-LombokPantai dengan bentuk setengah lingkaran dan berkelok ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 km. Dengan posisi pantai yang menghadap ke Samudera Hindia, Pantai Kuta Lombok juga menjadi pantai yang pas untuk untuk bersurfing ria. Anda juga masih bisa mandi dan berenang dengan aman di pantai ini ataupun melakukan snorkeling dan melihat keindahan alam bawah lautnya yang tak kalah menakjubkan, seperti ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang kokoh. Anda juga bisa menikmati beberapa watersport yang disediakan di sana, seperti windsurfer, banana boat, ataupun jetski.

sunset pantai kuta lombokTak ingin berativitas di pantai yang indah ini pun juga tak masalah. Anda bisa sekedar berjalan-jalan menikmati pijatan pasir di kaki anda ataupun duduk di atas pasirnya menikmati semua keindahan di depan anda. Jangan lewatkan juga untuk mengabadikan semua keindahan tersebut dalam jepretan kamera anda untuk membingkai kenangan istimewa dari Pulau Lombok. Anda bisa bersantai hingga sore hari dan melihat keindahan matahari yang menutup diri di ufuk barat dengan meninggalkan semburat jingga di lautnya yang jernih.

patung puteri mandalikan di pantai kuta lombokPantai Kuta Lombok juga dikelilingi dengan perbukitan yang semakin menambah keindahan pantai. Dari perbukitan ini anda juga bisa melihat keindahan Pantai Kuta Lombok secara leluasa hingga ke dasar lautnya yang berhiaskan gugusan terumbu karang. Diantara bukit tersebut ada sebuha bukit bernama Bukit Mandalika yang berkaitan dengan cerita rakyat setempat. Bukit tersebut diyakini sebagai tempat Putri Mandalika berpijak sebelum akhirnya menceburkan diri ke laut dan berubah menjadi cacing Nyale. Putri melakukan hal tersebut karena melihat banyaknya pangeran yang memperebutkannya untuk dijadikan istri dan tak ingin memilih salah satu untuk menghindari perang. Ia pun akhirnya mengorbankan dirinya demi menghindari korban jiwa yang timbul jika perang benar-benar terjadi.

bau nyaleKini setiap tahunnya di Pantai Kuta Lombok, pada bulan Februari dan Maret diadakan Festival Bau Nyale oleh masyarakat Sasak untuk mengenang Putri Mandalika. Jika anda berlibur ke Pulau Lombok pada bulan tersebut anda bisa melihat rangkaian festival tersebut yang dimulai dengan Upacara Bau Nyale. Selanjutnya festival tersebut dilanjutkan dengan mencari dan menangkap cacing Nyale yang banyak di temui di pasir yang bertekstur kasar. Upacara ini tetap terjaga selain karena diturunkan dari generasi ke generasi juga karena dipercaya bisa membawa kesejahteraan bagi yang melaksanakan dan bahaya bagi yang menyepelekan. Di sekitar pantai juga dilengkapi dengan patung yang menggambarkan kisah Putri Mandalika yang hendak terjun ke laut.

Indahnya alam Pantai Kuta Lombok
Akses-dan-fasilitas-Pantai-kuta-LombokSelain menyaksikan upacara khas penduduk Sasak, di Pantai Kuta Lombok anda bisa menjumpai beberapa penjual souvenir khas Lombok, baik yang membuka lapak ataupun berdagang keliling. Tips ketika berkunjung ke pantai ini anda harus berhati-hati menghadapi penjual souvenir keliling. Jangan menanggapi ataupun bertanya jika anda tak berniat serius untuk membeli karena mereka akan mengejar anda hingga anda benar-benar membelinya. Di sekitar pantai juga mulai banyak dijumpai penginapan yang bisa anda gunakan untuk menginap. Namun jika anda menggunakan paket berlibur anda bisa menghemat biaya anda dan tidak perlu lagi repot memikirkan akomodasi ataupun transportasi. dari berbagai sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Sunset Pantai Kuta Lombok Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/