Monday, October 7, 2013

Mengenal Lebih Dekat Mapala CARTENS jepara


Salam lestari hijau selalu Bumi kita,
Mapala Cartens (Mahasiswa Pecinta Alam Cikara Rimba Tilas Buana STIENU) adalah suatu organisasi pecinta alam yang beranggotakan mahasiswa STIENU yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, pengetahuan dan kreativitas mahasiswa serta pembinaan intelektual.
Mapala Cartens merupakan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang pertama kali berdiri di STIENU Jepara dibandingkan UKM yang lain, yang berdiri pada tanggal 22 Mei 1998. Merupakan UKM yang memiliki fasilitas paling lengkap dibandingkan dengan yang lain. Didepan kampus bisa kita lihat fiber wall climbing yang sangat megah, meski wall tersebut adalah kerjasama antara STIENU Jepara dengan FPTI Jepara. Tapi, Mapala Cartens sendiri juga mempunyai wall climbing hasil jerih payah kami yang berada di sebelah timur lapangan futsal, yang rencana akan dipindah ke samping fiber wall climbing. Dan itu merupakan salah satu fasilitas yang kami miliki. Pokoknya masih banyak lagi fasilitas yang kami miliki. Dan tak lupa loyalitas kami sebagai Kholifatul fil Ard, maka kami mengadakan pengarahan dan mengajak pada pecinta alam tingkat pelajar dan masyarakat umum untuk lebih peduli pada kelestarian alam dimana alam merupakan sebagai bagian dari jiwa.
Setiap tahun kami selalu mengadakan Cartens Wall Climbing Competition (CWCC) baik tingkat kabupaten, karisidenan dan Jateng DIY, untuk yang tingkat Jawa Bali maupun Nasional rencana tahun depan akan kita laksanakan.


Kegiatan pendakian / Camping biasanya kami lakukan pada saat liburan dan hari–hari besar, seperti naik gunung dan turun tebing misalnya “ Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing, Ciremai, Selamet, Lawu, Rinjani dan masih banyak puncak gunung yang lainnya dan untuk turun tebing biasanya kami lakukan di air terjun Jurang Nganten, air terjun Colo dan Watu Payung kudus. Untuk Rock Climbing (panjat tebing) biasa kami lakukan di tebing Watu Payung kudus dan tebing Sukolilo pati. Mapala Cartens juga memiliki sebuah Club Panjat Tebing yang bernama CCC (Cartens Climbing Club) yang sering berpartisipasi dalam lomba panjat tebing yang diselenggarakan oleh organisasi lain, baik tingkat Kabupaten, Karisidenan, Provinsi maupun Nasional. Alhamdulillah kemarin atlet kami mendapat juara III dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Rayon I Jawa Tengah.

B. 5 POKOK KERJA
Lima pokok kerja UKM Mapala Cartens diantaranya adalah :
1. Organisasi
Organisasi merupakan kumpulan dari berbagai orang dalam menyatukan pendapat / ide untuk dipadukan dan direalisasikan bersama untuk mencapai tujuan yang diharapkan, bagaimana cara merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, pengawasan dan menganalisa penataan administrasi, dokumentasi, humas dan hubungan dengan perguruan tinggi lain.
2. Politik
Dalam organisasi sebagai mahasiswa, anggota Cartens juga tidak ketinggalan bagaimana politik / strategi itu? Bagaimana suatu kegiatan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan dan tujuan.
3. Konsentrasi
Konsentrasi diantara program kerja kami untuk saat ini adalah konservasi (penelitian) terhadap alam sekitar yang semakin bertambah buruk/punah. Itu adalah tantangan kita yang siap menghadang didepan.
4. Olahraga
Anggota yang mempunyai bakat, mental dan kreativitas, disinilah tempatnya. Mapala Cartens akan menyalurkan kemampuan yang dipunyai mulai dari pelatihan sampai kompetisi tingkat nasional.
5. Refresing
Program ini biasanya paling disukai oleh para anggota pecinta alam, jika mahasiswa jenuh dengan kehidupan lingkungan sekitar. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada waktu liburan semester. Untuk peserta biasanya diikuti oleh seluruh anggota Cartens dan juga mahasiswa STIENU yang pengen bergabung dengan kami.

C. SASARAN
Mahasiswa diharapkan dan berwawasan intelektual kedepan dan profesional untuk mencoba malakukan terobosan dan ide baru muncul. Diantaranya SDM dan pemgabdian masyarakat (Tri Darma Perguruan Tinggi) juga ikut berpartisipasi aktif dalam masyarakat.

D. PANCA SATYA BAKTI CARTENS
1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen.
3. Menjaga reputasi almamater. 
4. Menjadikan alam sebagai bagian dari jiwa.
5. Merenungi kekuasaanNya dan mensyukuri karuniaNya

E. KEUNTUNGAN
Banyak keuntungan yang bisa diperoleh bagi mahasiswa khususnya anggota Mapala Cartens diantaranya sebagai berikut :
1. Mengaplikasikan Tri Darma Perguruan Tinggi
2. Pelatihan berorganisasi
3. Pengenalan pada mapala perguruan tinggi lain / OPA manapun
4. Melatih pola pikir yang kritis
5. Menambah wawasan dan pengalaman

F. PENUTUP
Hidup di masyarakat adalah suatu tantangan yang paling berat bagi kita semua, yang memerlukan kesadaran dan kesabaran, juga pola pikir yang marginal. Untuk itu pelatihan berorganisasi bagi kita sangatlah penting dan berguna bagi masyarakat pada umumnya. Oleh sebab itu pelatihan berorganisasi dalam kehidupan kampus harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sohabat/i, Mahasiswa/i baru STIENU Jepara nantinya akan menjadi generasi muda bagi bangsa dan negara yang mempunyai intelektualitas yang tinggi serta belajar bekerja untuk lebih profesional, adalah suatu kerugian yang amat besar jika kita tidak ikut berpartisipasi untuk gabung dalam UKM yang ada di STIENU Jepara, sebab UKM adalah suatu peribaratan sebuah perusahaan maya, jika kita bisa berhasil didalam berorgasnisasi dalam UKM tsb maka akan berhasil di dunia nyata dan tak akan kaget dengan keadaan yang riil. Kami tunggu kalian untuk bisa bergabung dengan Mahasiswa Pecinta Alam Cikara Rimba Tilas Buana STIENU (Mapala Cartens) Jepara.

Ttemukan kami http://mapala-cartens-jepara.blogspot.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Lebih Dekat Mapala CARTENS jepara Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad