Tuesday, November 10, 2015

Menyambangi Tangkoko Bitung Sulawesi Utara

Lokasi : Tangkoko Bitung Sulawesi Utara
Taman Nasional Tangkoko merupakan salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sulawesi Utara terlebih Kota Bitung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, termasuk LSM, para pegiat lingkungan hingga para peneliti. Secara administratif, Taman Nasional Tangkoko berada diwilayah administrasi Kota Bitung tepatnya di kaki gunung dua sudara (baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Utara)

Kawasan seluas 8.718 hektar ini merupakan tempat tinggal dari 2 hewan khas Sulawesi Utara yang terancam punah yakni Yaki (Macaca Nigra) dan Tarsius (Tarsius Spectrum). Tarsius merupakan primata terkecil di dunia, hewan ini hanya dapat anda temukan di Filipina dan Indonesia. Keunikan dari primata ini adalah Mereka tubuh mereka yang sangat mungil dan hanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram.

Selain Tarsius Taman Nasional Tangkoko juga merupakan tempat tinggal dari hewan khas Sulawesi Utara lainnya yaitu Yaki (Macaca Nigra) atau monyet berjambul khas Sulawesi. Bulu yang berwarna hitam, serta seluruh tubuh yang ditumbuhi rambut kecuali muka yang berwarna hitam dan pantat yang lucunya berwarna merah muda menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini.

Bukan hanya karena keberadaan Yaki dan Tarsius saja sehingga Taman Nasional Tangkoko sering dijadikan sebagai lokasi penelitian, seperti dikutip dari situs indonesia.travel Taman Nasional Tangkoko telah sejak dahulu kala menarik minat ilmuan untuk berkunjung ketempat ini. Alfred Russle Wallace pada tahun 1850 pernah melakukan penelitian ditempat ini untuk melihat langsung hewan unik lainnya yaitu burung Maleo dan babi rusa. Hewan lainnya yang juga sering menjadi lokasi penelitian ditempat ini adalah burung. Ratusan spesies burung hidup dan dapat anda lihat ditempat ini.

Tarsius di Tongkoko Bitung Sulawesi Utara
Untuk menuju ke Taman Nasional Tangkoko, anda akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dari Kota Manado menuju ke Kota Bitung. Dari Kota Manado, anda bisa menggunakan angkutan umum (bus berukuran besar) yang berada di terminal Paal 2. Tapi saran saya, anda lebih baik menggunakan kendaraan pribadi  (menggunakan jasa rental mobil/jasa tours and travel) karena sangat jarang kendaraan umum dari terminal Bitung menuju ke Tangkoko. Adapun jasa rental mobil di Manado yang saya rekomendasikan adalah jasa rental mobil agape (www.rentalmobilagape.com) Atau, untuk anda yang berniat mengunjungi Taman Nasional Tangkoko namun memiliki budget yang terbatas, ada baiknya anda menggunakan jasa penyewaan kendaraan roda dua.

Oh ya, sedikit tips dari saya apabila anda berniat mengunjungi tempat yang masih hijau ini. Pertama, apabila anda hendak berkunjung ke tempat ini ada baiknya anda menyiapkan bekal makan dan minum karena ditempat ini jarang sekali anda akan menemukan penjual makanan dan minuman. Kedua, ada baiknya anda tidak menggunakan celana jeans jika berkunjung ke tempat ini mengingat anda akan berjalan mengelilingi kawasan hutan. Gunakanlah pakaian yang bisa membuat perjalanan anda terasa begitu nyaman, dan jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk. Bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati kehidupan alam yang begitu asri ditempat ini, disekitar Taman Nasional Tangkoko terdapat beberapa penginapan dengan harga yang bervariatif.

Untuk bisa melihat Tarsius dan Yaki yang hidup di Taman Nasional Tangkoko, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 70.000 (tarif untuk wisatawan asing berbeda). Tarif tersebut sudah termasuk pemandu wisata yang akan membawa anda mengelilingi hutan lindung. Memang tarif yang dikenakan untuk melihat kehidupan alam yang berada di Taman Nasional Tangkoko cukup mahal dibanding tiket masuk tempat wisata lainnya di Sulawesi Utara. Akan tetapi uang yang akan anda keluarkan untuk melihat kehidupan alam di Taman Nasional Tangkoko akan sebanding dengan pengalaman yang tidak akan anda temui ketika mengunjungi lokasi wisata alam lainnya.
from : http://www.seputarsulut.com/

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menyambangi Tangkoko Bitung Sulawesi Utara Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/