Tuesday, February 23, 2016

Mengenal Budaya Manca'pa'dang Selayar

Manca'pa'dang adalah salah satu adat budaya keseniaan bela diri selayar yang telah ada sejak dahulu kala
Manca' pa'dang merupakan kesenian bela diri yang menggunakan alat pertahanan diri berupa pedang dan diiringi alat music tradisional yang disebut pui-pui, Alat music pui-pui ini dimainkan dengan cara ditiup. Selain alat music pui-pui ada alat music lainnya seperti gendang dan gong. Ketiga alat music ini dimainkan dengan cara bersamaan sehingga menghasilkan music yang indah. 

Keindahan music yang dimainkan ternyata berpengaruh pada setiap gerakan para pemain, karena setiap ketukan sangat berpengaruh pada gerakan para pemain pedang. Oleh karena itu antara pemain manca' pa'dang dengan pemain musiknya harus tercipta kerja sama yang baik sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Manca' pa'dang biasanya ditampilkan pada upacara pernikahan atau pesta-pesta lainnya seperti upacara penyambutan tamu. Hal ini dipercaya kampung dalam keadaan aman, manca pa’dang sudah ada di selayar sejak kerajaan gantarang lalang bata. Kerajaan yang berkuasa di selayar ketika itu kurang lebih sekitar abad 14 hingga abad 15. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Budaya Manca'pa'dang Selayar Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/