Tuesday, February 23, 2016

Jalan Jalan Ke Dabosingkep, Jangan Lupa Bubur Lambok Lingga

Bubur lambok Lingga, buatan Tika.
Dabosingkep, Kabupaten Lingga, Bunda Tanah Melayu. Memiliki keragaman budaya dan kaya aneka ragam kuliner khas Melayu. Termasuk, makanan yang berbahan pokok sagu dan ikan laut, komoditas utama sebagian masyarakatnya. 

Diantara kekayaan kuliner Lingga itu adalah bubur lambok. Kudapan yang satu ini, memang namanya masih agak asing bagi masyarakat di luar Lingga. Namun makanan yang berbahan pokok sagu dan ikan teri ini sangat dikagumi di sini. Belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi bubur lambok saat berkunjung ke Kabupaten Lingga.

Kuliner buah para pecinta rasa pedas ini memang sangat nyuss disantap siang hari. Kuliner warisan budaya Melayu sejak zaman Kerajaan Melayu Riau Lingga itu, kini kian melekat di masyarakat Lingga. Sehingga, bubur lambok ini kerap dihidangkan di berbagai even.

Tika, seorang ibu di Lingga yang biasa menyajikan bubur lambuk mengatakan, proses pembuatan bubur lambok ini sangat sederhana. Campurannya adalah Ikan teri dihancurkan untuk dijadikan kuah sementara sagu yang dipanaskan akan menjadi bubur nya nanti, ditambah sayur rampai.

"Bahan utama bubur lambok adalah sagu dan ikan teri, ditambah sayur rampai dengan kuah ikan teri serta lada kecil, cabe rawit hijau," ujarnya mengungkap resep bubur lambok , Minggu (17/1/2016).

Sayur rampai adalah campuran dari beberapa sayuran seperti daun sop, daun ubi muda serta beberapa sayuran mentah lainnya. Inilah salah satu keunggulan kuliner warisan nenek moyang ini. Yaitu, dapat dijadikan obat bagi orang yang sedang sakit demam.

"Kalau badan kurang sehat dan ingin segar, bubur lambok ini sangat bagus kalau dimakan, rasanya yang pedas serta sayuran yang sehat ditambah teri akan sangat mujarab pengobat demam,"  papar ibu muda ini.

Untuk mendapatkan makanan khas yang satu ini, tidak semua warung di Lingga menjualnya. Namun kita bisa mendapatkan bubur lambuk ditempat-tempat wisata, hajatan serta restoran khusus masakan Melayu.

Selain itu, menurutnya bubur lambok juga terdapat di negeri jiran Malaysia dan negara-negara Melayu lainnya. Namun perbedaan dengan bubur lambok khas Dabosingkep adalah, disajikan dengan kuah ikan teri. Sementara bubur lambok di daerah lain hanya diberi sayuran-sayuran dan ikan biasa tanpa kuah.  

"Jelas beda karna kita pakai kuah, ikan bilis rasanya lebih gurih."

Bubur lambok Lingga, warisan bunda tanah Melayu, baik untuk kesehatan kita. batamtoday.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jalan Jalan Ke Dabosingkep, Jangan Lupa Bubur Lambok Lingga Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/