Tuesday, February 23, 2016

Mengenal Masjid Muhammad Cheng Hoo Makassar

Masjid Cheng Hoo, di Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa, Sulsel. 
Inilah masjid yang didirikan suku Tionghoa muslim yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Namanya Masjid Muhammad Cheng Hoo, yang berdiri kokoh di Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa. Jika dari arah Makassar menyusuri Jalan Hertasning Baru, masjid ini berada tepat di perbatasan Makassar-Gowa. Bangunan masjid yang sangat kental dengan nuansa Tionghoa ini memadukan warna merah dan emas. Masjid ini dibangun oleh persatuan muslim Tionghoa yang ada di Makassar.

Pintu masuk Masjid Muhammad Cheng Hoo
Bangunan masjid tersebut dikombinasikan antara bangunan khas China dan Bugis Makassar. Masjid tersebut sudah difungsikan sebagai tempat ibadah sejak tahun 2014. Pada bulan Ramadan ini, praktis masjid ini juga ramai dugunakan untuk salat tarawih. Masjid Cheng Hoo berlantai dua, sejuk meski tidak memakai AC. Lantai dasar khusus jemaah laki-laki, sedangkan lantai dua untuk perempuan. Kubah masjid berbentuk segi delapan menyerupai sarang laba-laba, atau istilah dalam Tionghoa adalah Pakwa bertingkat tiga yang merupakan bangunan khas China. Warna dari bangunan masjid didominasi warna merah, yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan semangat hidup. Selain warna merah tersebut ada pula warna hijau yang melambangkan Islam dan kedamaian.

Lantai Masjid Cheng Hoo
Lantai masjid menggunakan granik alam berwarna merah. Selain lantai, dinding bagian depan juga mengunakan granik alam berwarna merah, sehingga masjid tersebut mulai bagian luar hingga bagian dalam berwarna merah.

Selain itu bangunan masjid dibentuk ventilasi berbentuk bulat sebagai ciri khas bangunan China. Serta lampu berbentuk bulat yang menggantung di plafon menyerupai lampion. Selama bulan Ramadan, pengurus masjid menyediakan takjil. Bahkan pengelola juga menyediakan makanan berat setelah salat Magrib. Ketua Yayasan, Drs Sulaiman Gosalam, mengatakan masjid ini berpotensi menjadi salah satu ikon Kota Makassar. Pengelola kerap kedatangan tamu dari luar Makassar, yang tertarik dengan bangunan masjid ini.

Bagian dalam Masjid Cheng Hoo.

Dipasangi 12 CCTV
Pengurus masjid Muhammad Cheng Hoo memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah agar mereka merasa nyaman dan tenang beribadah. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir serta tempat wudlu yang luas dan bersih.

Terdapat pula rak sandal di depan pintu masuk masjid. Untuk keamanan yang maksimal, pengurus masjid memasang 12 unit CCTV yang dipasang di setiap pintu masuk masjid. Imam dari Thailand Selama Ramadan, jemaah Masjid Muhammad Cheng Hoo dipimpin imam dari Thailand, Muh Lutfi Abdullah Uma LC MA, Ia adalah mahasiswa pascasarjana (S3) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Pengurus masjid bahkan menyediakan ruangan khusus bagi penghapal Al Quran ini untuk tinggal di masjid.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Masjid Muhammad Cheng Hoo Makassar Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/