Wednesday, September 18, 2024

Bertandang Ke Camp Vietnam Batam

Pintu masuk Camp Vietnam

PLH Batam - 
Di Pulau Galang terdapat sebuah tempat yang menyimpan sejuta kisah pahit hingga memilukan bagi para pengungsi Vietnam. Awalnya, sekitar tahun 1980 an, ratusan warga Vietnam Selatan mengungsi ke negara lain, karena sedang terjadinya perang saudara. Lalu, sebagian warga Vietnam Selatan berhasil mendarat di Indonesia, salah satunya di Pulau Galang. Akhirnya tempat tersebut dinamakan Kampung Vietnam atau camp Vietnam.

Pada masa itu, Pulau Galang masih tidak berpenghuni, tetapi PBB via UNHCR memberi amanat bahwa Pulau Galang dijadikan tempat penampung para pengungsi dari Vietnam ini. Setelah itu, didirikanlah tempat pengungsian dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai seperti rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, bahkan penjara.

Suasana yang dimiliki tempat wisata ini rada berbeda dengan tempat wisata pada umumnya. Dibanding tempat wisata pada umumnya tempat ini lebih memiliki hawa angker dan mistis. Tempat wisata ini menyimpan benda-benda dan alat-alat bersejarah yang sempat digunakan saat para pengungsi Vietnam mengungsi di lokasi ini.

Di depan pintu masuk camp terdapat sebuah patung yang diberi nama Humanity Statue. Patung ini didirikan untuk mengenang kisah tragis seseorang yang Bernama Tinhn Han Loai. Singkat cerita, dia adalah korban pemerkosaan yang dilakukan oleh sesama pengungsi. Ia memutuskan untuk bunuh diri karena tidak kuat untuk menanggung malu.

Salah satu lokasi peninggalan camp vietnam 



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bertandang Ke Camp Vietnam Batam Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/