Latest News
Wednesday, July 27, 2016

Jelajahi Air Terjun Kepunyaan Selayar

PLH Silajara - Kabupaten Kepulauan Selayar terkenal dengan wisata baharinya. Dari 78 destinasi wisata ‘Tanah Doang’, 55 diantaranya adalah wisata bahari berupa pantai, pulau waupun spot menyelam.

Namun siapa sangka Kapupaten yang terpisah dari Pulau Sulawesi ini, memiliki potensi wisata yang luat biasa selain wisata bahari. Ada wisata sejarah dan wisata agro.

Bahkan Kabupaten ini memiliki potensi keindahan air terjun yang dapat memanjakan mata anda. Berikut halamansulsel.com merangkum 5 air terjun keren di Kabupaten Kepulauan Selayar

1. Air terjun Suttia
Air terjun Suttia adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Bonea Makmur Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar. Tempat ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Air terjun Suttia dapat diakses dengan mengendarai motor, kemudian melakukan perjalanan kaki sekitar 2 km, menurungi bukit dan teping sudah pasti, karena jalanan raya tidak bisa sampai ke sana. hanya pengerasan yang dilakukan oleh pemerintah daerah selayar.

Tapi kita tak perlu khawatir karena disepanjang perjalanan hutan belantara masih asri dan belum dijarah manusia. masih rindang dan udara masih sejuk. jauh dari pencemaran. kita juga akan menurungi tebing yang sangat curam, tapi tentulah kita bersyukur karena ada bantuan berupa jembatan bambu tradisional.

Air Terjun Suttia sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter. sayangnya saat saya berkunjung ke sana, dalam kondisi musim kemarau, sehingga saya tidak bisa menikmati Air Terjun Suttia.

Jamuan suasana alam pegunungan dan ramahnya sentuhan air terjun memberi nuansa tersendiri menyaksikan  curahan air. selain itu kita dapat menikmati suasana hutan yang rimbun.

Selain dapat menikmati air terjun dan suasana hutan, objek wisata ini dapat juga digunakan untuk permandian alam. Air Terjun Suttia yang memiliki luas lahan 3 Hektar ini juga memiliki dinding yang cocok untuk olahraga panjat tebing dan lokasi berkemah.
Air Terjun Suttia
2. Air terjun Ohe Gonggong
Air terjun Ohe Gonggong atau biasa disebut air terjun Jammeng adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Jammeng Desa Laiyolo Baru Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tempat ini berada di dekat pantai bagian timur Pulau Selayar sekitar 25 km dari Kota Benteng dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Air terjun ini mempunyai aliran air yang melewati 7 (tujuh) tingkatan.

Air terjun Ohe Gonggong berada dalam kawasan objek wisata yang memiliki luas 7 hektare. Di lokasi ini juga terdapat objek wisata Jammeng Resort dan Home Stay yang disediakan untuk wisatawan yang bermaksud menginap untuk beberapa hari.

Hutan yang rimbun dan rindan menambah eksotime Air terjun Ohe Gonggong. Airnya pun segar dan terbilang bersih. Sehingga pengunjung bisa mandi. Dimana air terjun tersebut berbentuk seperti tangga yang bertingkat dan mengalir terus sampai air bercampur dengan air laut
Air terjun Ohe Gonggong
3. Air Terjun Patikore
Air Terjun Patikore terletak di Desa Laiyolo baru, Kecamatan Bontosikuyu. Dari air terjun ini kita bisa melihat pemandangan pantai pantai bagian timur.

Air terjunnya paling indah dikunjungi pada bulan desember sampe april dimana saat itu lagi musim kemarau sehingga airnya tidak mengalir deras dan jernih. Untuk menuju tempat ini anda harus melaui jalan yang sediki trekking.
Air Terjun Patikore

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Air Terjun Kepunyaan Selayar Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara