Thursday, November 20, 2014

Jelajahi Curug di Kawasan Gunung Salak Endah - Bogor

Lokasi : Kawasan (air terjun) Wisata Gunung Salak Endah - Bogor
Bagi yang menggemari wisata alam curug (air terjun), Bogor adalah tempat yang tepat. Di sini kita menemukan berbagai macam curug dengan segala ukuran dan keindahannya. Salah satunya terletak di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (Gunung Bunder), di bagian baratnya kota Bogor. Ada banyak sekali curug di sini tetapi yang paling terkenal yaitu curug seribu, curug cigamea dan curug ngumpet. Saya baru 2 kali berkunjung ke kawasan ini bersama teman sesama penggemar fotografi untuk hunting foto. Tempat ini oke banget buat yang ingin belajar teknik foto slow speed.

Kunjungan pertama sekitar 1.5 tahun yang lalu. Acara hanya disetting dalam waktu 1 hari untuk mengunjungi 3 curug yaitu curug seribu, curug sawer dan curug ngumpet. Supaya lebih efisien, si pembuat acara sengaja menyetting agar kita mengunjungi curug seribu terlebih dahulu. Tahu tidak kenapa? Karena curug ini adalah curug yang paling besar yang ada di Gunung Bunder. Dan medannya lumayan berat dan menantang, kita harus menempuh perjalanan menurun sejauh kurang lebih 1 di atas bebatuan yang cukup terjal, licin dan sempit.

Photo tour pagi itu dimulai. Rombongan kami mulai melewati jalan setapak yang menurun. Awalnya jalan yang dilalui masih lebar dan landai. Tetapi setelah sampai di tangga-tangga yang disusun dari batu, jalanan mulai menyempit dan agak licin. Karena perjalanan yang dilalui menurun, jadi tidak terlalu terasa lelahnya. Kami terus menuruni tangga bebatuan yang semakin terjal dan licin. Tetapi masih belum tampak juga tanda-tanda suara gemuruh air terjun. Beban di pundakku semakin terasa karena  tripod dan kamera DSLR yang harus kubawa. Nafasku tersengal-sengal…huuuft capeknya…

Lokasi : Kawasan (air terjun) Wisata Gunung Salak Endah - Bogor
Di saat mulai dilanda kelelahan, kami sampai di curug yang ukurannya kecil namun indah. Namanya curug sawer. Paling-paling tingginya hanya beberapa meter. Lumayanlah untuk hiburan sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke curug seribu. Tetapi saya memutuskan untuk memotret curug itu sekembalinya dari curug seribu. Ternyata kata penduduk di situ, ini masih setengah perjalanan.

Perjalanan turun semakin melelahkan. Banyak teman-teman yang juga kepayahan dan berhenti untuk istirahat. Saya tidak bisa membayangkan jalan pulangnya karena harus mendaki ke atas lagi. Jalanan semakin terjal dan licin. Harus hati-hati menuruni bebatuan karena kalau tidak bisa terpeleset ke jurang yang ada di sebelah kanan jalan. Sebenarnya pemandangannya indah, tapi saya benar-benar tidak berani mengeluarkan kamera DSLR karena takut jatuh, sayang kameranya hehe. Apalagi banyak orang yang berlalu-lalang di jalan setapak itu.

Setelah menempuh perjalanan 1 jam lebih, akhirnya pemandangan curug seribu mulai kelihatan. Dari kejauhan saja sudah terlihat tinggi apalagi dari dekat. Tingginya mungkin sekitar 100 meter. Alirannya deras bahkan kedalaman kolamnya bisa mencapai 40 meter. Jadi jangan coba-coba mandi-mandi di bawahnya ya, kita bisa hanyut dan tenggelam terbawa arus. Curug ini dikelilingi oleh batu-batu besar dengan lumut di atasnya yang cantik. Di samping curug yang utama ada beberapa aliran curug lain yang kecil-kecil. Curug seribu memang indah, semua kelelahan seakan terbayar saat sampai di tempat ini. Tetapi saya hanya berani memandang dan memotret dari jarak jauh. Selain ramai orang, takut kalau lensa saya basah karena cipratan air terjun bisa bermeter-meter jaraknya.

Lokasi : Kawasan (air terjun) Wisata Gunung Salak Endah - Bogor

Waktu itu, karena belum terlalu bisa memotret curug, jepretan saya hanya sedikit dan tidak terlalu bagus. Perjalanan pulang masih harus ditempuh melalui jalan yang menanjak. Benar-benar melelahkan. Sampai-sampai waktu itu kapok gak mau ke situ lagi. Tetapi sekarang rasanya pingin datang lagi ke sana hehe. Banyak pula teman sesama rombongan yang tidak kuat, apalagi yang sudah bapak-bapak. Saat melewati curug sawer, saya berhenti sebentar untuk memotret sekaligus istirahat.

Lokasi menuju curug ngumpet (ngumpet 1) tidak sejauh curug seribu. Hanya sekitar 100 meter dari pintu gerbang, kita sudah menemukan curug ini. Entah mengapa dinamakan ngumpet. Warna air di kolamnya biru dengan banyak batu di atasnya. Aliran sungai yang berasal dari curug ini juga masih jernih. Sayangnya banyak wisatawan yang tidak peduli lingkungan dan membuang sampah sembarangan sehingga merusak keindahan tempat wisata ini. Terkadang mereka melakukan vandalisme dengan menulisi batu-batu seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Kurang lebih 3 minggu yang lalu saya kembali ke kawasan wisata ini lagi untuk hunting foto. Kali ini mengunjungi curug lain yang belum pernah dikunjungi yaitu curug pangeran dan cigamea. Waktu itu sedang musim penghujan sehingga cuacanya mendung dimana sangat cocok untuk memotret dengan teknik slow speed.

Lokasi : Kawasan (air terjun) Wisata Gunung Salak Endah - Bogor
Sore yang mendung selepas hujan di siang harinya, tetapi saya dan teman-teman tetap pergi ke curug pangeran untuk hunting foto. Curug pangeran letaknya tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan. Sayangnya sesampainya di tempat ini, hujan tiba-tiba turun dengan derasnya. Alhasil warna curug berubah eksotis menjadi coklat seperti susu coklat. Saya hanya berhasil mengambil beberapa jepretan sebelum akhirnya berteduh. Memotretpun dengan susah payah karena harus memakai payung. Tetapi tetap saja lensa dan tas basah semua.

Esok harinya hunting foto dilanjutkan ke curug cigamea. Langit pagi itu lumayan cerah meskipun berawan. Kami berharap tidak akan turun hujan di pagi itu supaya alirannya airnya putih jernih. Perjalanan ke curug cigamea lebih bersahabat dibanding ke curug seribu. Bagi yang pernah ke curug seribu, pasti tidak akan kelelahan jika mengunjungi curug cigamea. Jalannya lebih jauh daripada curug ngumpet 1, tetapi sudah bagus (dipaving) dan lebar. Pemandangan curug cigamea sudah bisa kita lihat sebelum masuk gerbang. Kita bisa melihat pemandangan gunung salak dan aliran air terjun di bawahnya. Sayang langit di atas gunung tidak biru. Dan akibat keterbatasan lensa serta kemampuan memotretku, fotonya jadi biasa saja. Padahal aslinya bagus banget.

Menurut saya curug cigamea itu paling indah di antara curug-curug lain yang pernah saya datangi di kawasan Gunung Bunder. Di sana terdapat 2 aliran air terjun yang jernih, debit airnya cukup deras tetapi tidak sederas di curug seribu. Dari atas warna air kolamnya tampak kebiruan. Batu-batu besar dan terkadang berlumut menghiasi di atas sungainya. Dinding-dinding tempat dilaluinya curug berwarna coklat kemerahan. Di tempat ini sempat saya jumpai monyet, tetapi sama sekali tidak agresif. Untunglah karena masih pagi sekali, pengunjung yang datang ke tempat ini masih sedikit sehingga tidak terlalu mengganggu pemandangan yang kami potret.

Sekembalinya dari curug cigamea, perlahan hujan rintik-rintik mulai turun. Untunglah kami sudah sampai di atas kembali. Sebelum pulang ke Bogor, kami sempat mengunjungi curug ngumpet 2. Curug ini masih lebih kecil dibanding curug ngumpet 1. Alirannya juga tidak deras. Dinding-dinding curugnya berwarna coklat dan banyak ditumbuhi lumut.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa curug di kawasan Gunung Bunder seperti curug cihurang dan curug goa lumut. Katanya sih bagus juga tetapi saya belum sempat mengunjunginya. Mungkin suatu saat jika ke sini lagi saya akan mengunjungi curug-curug tersebut.

Oleh : Aryani_yani

Salam jepret dan jalan-jalan.
Bogor, 13 Februari 2013
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Curug di Kawasan Gunung Salak Endah - Bogor Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/