Thursday, November 20, 2014

Jelajahi Curuk Cilember - Bogor

Lokasi : Curuk Cilember - Bogor
Rupanya tidak hanya rumah yang bisa susun, tapi curug – bahasa Sunda untuk air terjun – pun juga bisa bertingkat, bahkan hingga tujuh. Keelokan alam ini ada di Curug Cilember, yang berlokasi di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 21 km dari Kota Bogor, bisa ditempuh kurang lebih 30 menit, atau sekitar 1,5 jam jika Travelers dari Jakarta.

Curug Cilember yang berada di kawasan Wana Wisata Curug Cilember yang luasnya hampir 6 hektar ini memiliki tujuh air terjun yang letaknya berbeda-beda, berurutan dari atas ke bawah. Namanya pun sesuai dengan urutannya. Jadi, dari yang paling atas sebut saja namanya Curug 1, lalu di bawahnya ada Curug 2, Curug 3, dan seterusnya hingga Curug 7 yang berada di paling bawah.

Lokasi : Curuk Cilember - Bogor
Dari ketujuh curug itu, yang paling ramai dikunjungi orang adalah yang paling bawah alias Curug 7. Selain paling mudah ditempuh, curug ini juga dipercaya masyarakat memiliki khasiat. Orang yang mandi dengan air di curug ini bisa menjadi awet muda, jika saat itu jomblo bisa segera menemukan jodohnya, dan jika sedang sakit bisa segera terbebas dari penyakit yang diderita.

Lokasi : Curuk Cilember - Bogor
Saat Travelers tiba di kawasan curug, Travelers akan disambut sejuk alaminya udara yang menerpa wajah, dan merdu gemericik air yang seolah mengajak Travelers untuk segera merasakan segarnya air terjun ini. Pemadangan di sekeliling tampak didominasi perbukitan dengan hamparan tanaman pinus merkusi dan anggrek.

Mulai dari yang paling bawah, yaitu Curug 7. Kecuali jika Travelers datang menggunakan helikopter, jadi bisa memulai eksplorasi mulai dari curug teratas, hehehe. Curug 7 ini memiliki 2 limpahan air dengan kolam hasil penampungan di bawahnya. Seperti kebanyakan pengunjung, Travelers bisa mandi tepat di curahan air, atau berenang di kolam penampungannya. Jika tidak mau berbasah-basah, Travelers bisa duduk-duduk santai sembari berfoto-foto ria. Di samping keindahan panoramanya layak diabadikan, adanya mitos enteng jodoh pun menjadikan banyak orang yang melakukan foto pre-wedding di sini.

Lokasi : Curuk Cilember - Bogor
Setelah puas, lanjut naik. Sayangnya, Curug 6 yang berada di atasnya sampai saat ini tidak bisa dikunjungi, karena belum ada jalan setapak menuju ke sana. Jadi biasanya pengunjung dari Curug 7 akan langsung menuju Curug 5.

Tiba di Curug 5, Travelers akan melihat curug ini mempunyai curahan air yang indah sekali, tinggi, dan bertingkat-tingkat, dan mengucur deras menghunjam bebatuan. Airnya tampak sangat jernih. Pemandangan di sini terasa lebih asri.

Lanjut naik lagi, berikutnya adalah Curug 4 dan Curug 3 yang letak keduanya cukup berdekatan. Tapi Travelers dituntunt perjuangan ekstra untuk bisa sampai di masing-masing curug, karena kondisi jalannya yang lebih  licin, terjal, dan berbatu. Travelers juga harus waspada terhadap adanya lintah yang menempel di dedaunan di sepanjang jalur jalan setapak ini.

Lokasi : Curuk Cilember - Bogor
Sedangkan untuk mencapai Curug 2, Travelers butuh waktu lebih lama, karena jarak dari Curug 3 cukup jauh, cukup melelahkan. Dan masih perlu naik setingkat lagi untuk mencapai curug tertinggi  alias Curug 1, yang kondisi medannya paling sulit ditempuh.

Total waktu yang Travelers butuhkan untuk bisa menikmati curug dari Curug 7 hingga Curug 1, bisa mencapai 3 jam. Sebaiknya Travelers menggunakan bantuan pemandu yang sudah tahu medan perjalanan. Dan setelah lelah naik-turun, Travelers juga bisa menikmati keindahan 12 spesies satwa kupu-kupu di taman bunga dan juga laboratorium penangkarannya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Curuk Cilember - Bogor Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/