Thursday, November 20, 2014

Mengunjungi Kampung Cina Kuno - Bogor

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Kampung Cina merupakan salah satu tempat wisata dan belanja yang arsitekturnya bergaya China kuno dan dapat menjadi alternatif tujuan wisata, khususnya di perayaan tahun baru imlek yang jatuh pada 10 Februari 2013

Sejenak melepaskan diri dari rangkaian pekerjaan yang terus datang, kami mencoba untuk jalan-jalan ke kawasan Cibubur. Bukan hanya kami berdua. Ada juga dua keluarga dari rekan kami di kantor. Kami, tiga keluarga ini awalnya hendak menuju ke TMII. Namun berhubung waktu masih pagi, kami putuskan untuk meluncur ke kawasan Cibubur terlebih dahulu. Kampung Cina yang berada di komplek perumahan Kota Wisata Cibubur menjadi tujuan kami hari itu.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Menyusuri tol Jagorawi lantas keluar di pintu Cibubur terasa begitu cepat. Namun, hal itu berbalik dengan perjalanan dari pintu Cibubur menuju Kota Wisata. Kendaraan terlihat begitu padat. Karena hari libur, maka begitu banyak warga Jakarta yang berwisata melalui jalan ini. Taman Buah Mekar Sari tampaknya menjadi tujuan utama mereka.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Seiring debu yang berterbangan, panaspun mulai terasa di pagi itu. Menit-demi menit berlalu dan sampailah kami di Gerbang Kota Wisata Cibubur. Kamipun langsung meluncur melalui jalanan komplek nan lebar. Sepanjang jalan, kami mendapati aneka ornamen dan hiasan berbagai bentuk karakter berbagai bangsa dipajang di kedua sisi jalan.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Sambil mengikuti petunjuk arah jalan, tak lama kemudian sampailah kami di tujuan.

Kampung Cina sepertinya didisain dengan mengadopsi kompleks kota kerajaan pada zaman dinasti-dinasti di negeri Cina. Benteng-benteng yang kokoh terlihat membatasi kampung tersebut.

Pintu utama untuk masuk ke kampung tersebut berupa sebuah gerbang yang disebut Gerbang Kemakmuran. Di depan gerbang tersebut, terlihat dua patung prajurit Cina berukuran besar berdiri di masing-masing sisinya.

Selepas menikmati halaman depan Kampung Cina, kami pun lantas masuk ke dalamnya. Begitu melalui gerbang tersebut, kami langsung mendapati begitu banyak pertokoan yang menjual aneka produk bernuansa Cina seperti baju, payung, kaos dan pernak-pernik cinderamata. Warna merah begitu mendominasi di sana.

Kami terus melangkah melalui lorong-lorong yang berada di tengah pertokoan. Sesuai dengan namanya, bentuk pertokoan yang ada tentu saja bergaya khas Cina.
Sebagai hiasan, begitu banyak lampion berbagai bentuk dipasang di lorong-lorong tersebut.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Tak ketinggalan, sebuah Guci Raksasa nampak berdiri di sana.

Kami juga menyempatkan diri untuk melihat-lihat beberapa pernak-pernik yang ditawarkan di toko-toko yang ada. Secara umum tidak jauh beda harganya dengan yang dijual di Glodok atau Mangga Dua.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Perlahan kami melangkah hingga akhirnya sampai di bagian ujung dari Kampung Cina. Benteng bagian belakang menjadi pembatasnya. Beberapa ornamen terlihat menghias di dindingnya.

Perjalanan kami berlanjut menuju Kampung Amerika. Beberapa bangunan khas Amerika jaman dulu, begitu mendominasi di sana. Sayangnya, bangunan tersebut sudah banyak yang rusak dan kampung tersebut sepi dengan pengunjung.

Langkah kaki kami berakhir di sebuah kawasan di mana lokasi permainan anak berada. Tak jauh dari sana, terlihat danau yang membentang. Pengunjung dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu Naga. Cukup dengan Rp. 15000 per orang, pengunjung akan diajak berkeliling menikmati panorama danau buatan tersebut.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Karena sudah di sana, kamipun mencobanya.

Setelah jumlah minimum penumpang terpenuhi, perahu Nagapun bergerak meninggalkan dermaganya. Berjalan perlahan menyusuri tepi danau yang tenang. Pepohonan yang rimbun menjadi pemandangan yang kami dapati. Beberapa perumahan elit nampak terlihat nun jauh di seberangnya.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Percikan air sekali-kali mengena di tangan atau badan. Suara mesin motor dari perahu Naga tersebut terus menderu menyibak rute perjalanan yang ada.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Sebuah jembatan bak London Bridge menjadi pemandangan terakhir yang disajikan. Untuk kemudian perahu Naga kembali ke dermaga semula.

Lokasi : Kampung Cina Kuno - Bogor
Meski kurang puas, tapi lumayanlah jalan-jalan kali ini menghadirkan suasana berbeda.

smbr info : deddyek
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengunjungi Kampung Cina Kuno - Bogor Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/