Sunday, June 9, 2013

Masa Depan Terumbu Karang

Penelitian terbaru dariRutgers University yang diluncurkan Kamis (6/6) berhasil mengungkap masa depan terumbu karang dalam kondisi laut yang terus berubah. Penelitian ini berhasil membedah proses pembentukan kerangka mineral dalam terumbu karang di laut yang semakin asam.
Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini menjadi penelitian pertama yang berhasil mengungkap proses pembentukan kerangka terumbu karang oleh protein-protein khusus di lautan. Pada masa datang, kerangka mineral ini akan menjadi batu kapur (limestone) yang menjadi landasan terciptanya jaringan terumbu karang di seluruh dunia.
Tali Mass, peneliti dari Rutgers Institute of Marine and Coastal Sciences beserta tim berhasil mengungkap saat protein-protein ini – yang diproduksi oleh terumbu karang – memercepat proses terbentuknya karbonat yang menjadi kerangka dari terumbu karang. “Hasil penelitian ini adalah langkah awal untuk memahami cara terumbu karang membentuk kerangka mereka,” ujar Mass.
Para peneliti menggunakan mikroskop elektron untuk meneliti pertumbuhan kristal kalsium karbonat dalam air laut buatan yang mengandung protein asam bernama CARP3 yang terdapat dalam terumbu karang. Dari pengamatan ini terungkap, kristal-kristal ini terbentuk saat air laut berada dalam kondisi keasaman tertentu yaitu pH 8,2 dan 7,6.
Tim peneliti menemukan, proses pembentukan terumbu karang ini akan terus berlangsung walau kondisi laut semakin asam. Sehingga hasil penelitian ini bisa menjadi kunci analisis kesehatan dan kelestarian terumbu karang pada masa datang.
“Kabar baiknya, walaupun laut akan semakin asam, fungsi protein dalam membentuk terumbu karang tidak akan berhenti,” ujar Mass. Namun Mass langsung memeringatkan bahwa polusi dan kenaikan suhu air laut yang berlebihan bisa mengancam keberadaan organisme laut yang penting ini.

Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti sudah mengetahui bahwa terumbu karang dibentuk oleh protein rahasia. Namun mereka belum berhasil mengungkap proses dan cara pembentukannya. Hasil penelitian ini bisa menjadi landasan baru untuk menganalisis terumbu karang pada masa datang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Masa Depan Terumbu Karang Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad