Monday, December 1, 2014

Indahnya Alam Taman Narmada Lombok

Lokasi : Taman Narmada - Lombok
Berada di Pulau Lombok memang serasa tidak membosankan sebab ada banyak tempat yang dapat memanjakan mata untuk dikunjungi. Baik dari panorama alamnya, tempat sejarah yang dijadikan obyek wisata dan juga kehidupan serta budaya masyarakat lokalnya. Mari kita lupakan sejenak obyek wisata alam yang ada di Lombok dan cukup terkenal dengan beberapa pantainya dan juga obyek wisata lainnya. Kita bisa berpindah dan mencoba keindahan alam Taman Narmada yang juga tak kalah menarikanya untuk dijadikan tempat berlibur.

Taman Narmada mataram Lombok ini merupakan perpaduan taman antara wisata buatan dan juga wisata alam yang cukup menarik. Untuk menuju ke obyek wisata ini, pengunjung cukup menempuh jarak sekitar 10 km dari kota mataram menuju arah timur. Konon, taman ini dibuat ketika raja Anak Agung Ngurah sekitar tahun 1727. Tujuan awal pembuatan tempat yang akhirnya menjadi obyek wisata ini adalah untuk upacara Pakalem, dimana upacara tersebut hanya dilakukan ketika pada bulan purnama di musim Caka. Jika menganut bulan masehi, musim caka tersebut berada di bulan Oktober maupun November.

Lokasi : Taman Narmada - Lombok
Selain digunakan sebagai upacara Pakalem, Narmada ini juga sering dijadikan tempat bersantai para raja dan juga kerabat kerajaan. Memang tidak salah, bila raja menggunakan taman ini untuk bersantai, dan beristirahat bersama keluarga maupun handai taulan sebab kondisi lokasi ini cukup rindang pepohonan dan memiliki udara yang sejuk sehingga memiliki nilai estetika dan kenyamanan. Udara disekitar kawasan taman Narmada nusa tenggara barat ini cukup semilir dan bisa menyejukkan pori-pori kulit tubuh ketika cuaca sedang panas. Hal ini dikarenakan adanya danau yang berada disekitar taman.

Lokasi : Taman Narmada - Lombok
Selain danau yang dianggap suci oleh para umat Hindu di Lombok ini, taman ini juga memiliki bangunan lain seperti gerbang nomor satu, jabalkap, telaga kembar, patandaan, mukedes dan lain sebgainya. Umumnya setiap bangungan yang ada di Narmada ini memiliki fungsi masing-masing dan juga sejarah berbeda. Yang pada akhirnya memiliki nilai budaya tinggi serta ikut membangun nilai tambah budaya secara keseluruhan.

Description: Narmada merupakan salah satu taman yang terdapat di Lombok yang merupakan tempat upacara pakelem dan juga bersantai para raja kerajaan Hindu.

Smbr Info : http://ayolombok.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Alam Taman Narmada Lombok Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/