Monday, December 1, 2014

Mengenal Pura Lingsar Lombok

Lokasi : Pura Lingsar Lombok
Lombok merupakan pulau perpaduan dari agama Hindu dan juga Islam sebab keberadaanya yang dekat dengan Bali. Maka, tidak terlalu mengherankan jika Lombok memiliki 1000 masjid dan beberapa pura ternama dan besar. Bahkan pura ini juga sering dijadikan sebagai obyek wisata oleh penduduk lokal maupun mancanegara. Ini dikarenakan setiap pura yang ada di Lombok ini memiliki ciri khas masing-masing. Pura yang cukup besar dan sering dijadikan obyek wisata ini adalah Pura Lingsar. Pura ini adalah hasil perpaduan dari dua agama yakni Hindu dan Islam sebab di dalamnya terdapat pendopo dan juga mushola sebagai tempat ibadah umat Muslim.

Jika anda ingin menuju Pura Lingsar Mataram, dari Senggigi anda bisa menempuh jarak 1 km dengan melewati mataram. Kendaraan apapun bisa digunakan untuk menuju obyek wisata ini, seperti mobil maupun motor atau bahkan bus pariwisata. Pura Lingsar yang berada di Karangasem ini dianggap sebagai Pura yang suci oleh masyarakat Lombok. Lingsar ini berasal dari penggalan kata Ling yang maknanya adalah sabda atau wahyu. Sedangkan sar artinya adalah jelas atau syah. Jadi secara umum lingsar ini berarti wahyu yang cukup jelas.

Lokasi : Pura Lingsar Lombok
Pada saat memasuki gerbang utama pura ini, kita bisa melihat lapangan parkir cukup luas dan gapura yang di bagian kanan dan kirinya terdapat taman yang luas. Setelah itu, kita akan memasuki gapura yang kedua dimana kita akan dihadapkan dengan bangunan besar di bagian kanan. Dan sebelum pengunjung masuk ke area pura lingsar Lombok, pengunjung harus mendaftar dulu serta memberikan donasi seikhlasnya. Pada saat melakukan pendaftaran, pengunjung akan diberikan kain putih yang diikatkan dipinggang untuk penghormatan.

Lokasi : Pura Lingsar Lombok
Para penjual yang ada disekeliling pura juga akan menawarkan untuk membeli telur bebek sebanyak dua butir yang mana bisa digunakan untuk melihat ikan keramat. Tak hanya itu, penjual pun akan menceritakan tentang kolam yang bisa digunakan untuk mengabulkan permintaan di dalam bagian pura Lingsar. Pada saat kita masuk dalam pura, maka para pengunjung harus memberikan telur kepada juru kunci untuk dipecahkan telurnya. Konon, ikan keramat yang menyerupai belut ini akan muncul. Namun pada prakteknya tak semua orang beruntung melihat ikan keramat ini.

Description: pura lingsar merupakan pulau perpaduan dari agama Hindu dan juga Islam sebab keberadaanya yang dekat dengan Bali.

Smbr Info : http://ayolombok.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Pura Lingsar Lombok Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/